Selasa, 22 Juli 2014

Sewa Mobil : Jangan lupa Hal ini





Apabila Anda ingin melakukan perjalanan mudik lebaran, namun enggan untuk berdesak-desakan antre tiket pesawat terbang, kereta api, atau bahkan bus umum untuk bisa berangkat mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada baiknya Anda memilih rental mobil untuk perjalanan mudik Anda? Dengan sedikit perhatian yang cermat, Anda bisa mudik merayakan Lebaran menggunakan kendaraan yang nyaman.



Nah, dalam hal memilih mobil sewaan untuk dipakai mudik Lebaran memang gampang-gampang susah. Banyaknya perusahaan jasa penyewaan mobil (rental mobil) serta beragamnya pilihan mobil yang ditawarkan terkadang malah membuat Anda bingung.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, agar bisa mendapatkan mobil sewaan yang baik, nyaman dan tidak menguras dana Hari Raya Anda.

Tentukan jenis mobil sesuai kebutuhan
Ada baiknya sebelum Anda datang ke tempat-tempat jasa penyewaan mobil, terlebih dulu tentukan jenis mobil yang akan Anda sewa. Jika Anda keluarga muda yang ingin mudik beserta istri dan dua buah hati Anda yang masih belia sebaiknya pilih mobil yang dimensinya tidak terlalu besar.

Pilihan pertama pastilah Low MPV (misalnya: Daihatsu Luxio, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Suzuki APV), small hatchback (misalnya: Daihatsu Sirion, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Honda Jazz, atau Nissan March), atau bahkan small sedan (misalnya: Honda City dan Toyota Vios) bisa jadi pilihan.

Selain lebih ringkas, mobil-mobil seperti ini biasanya dibekali mesin yang terbilang hemat bahan bakar. Dana untuk membeli BBM bisa Anda gunakan untuk keperluan lain.

Kalau Anda mudik membawa keluarga besar, maka mobil-mobil medium hingga big MPV (seperti: Toyota Kijang Innova, Toyota Nav1, Nissan Serena, Toyota Alphard, Toyota HiAce, KIA Pregio), merupakan pilihan yang tepat. Daya tampung penumpangnya yang banyak tentu menjadi faktor mengapa mobil-mobil ini layak dipilih.

Selain memikirkan siapa yang akan Anda bawa serta saat mudik, pertimbangkan pula kondisi jalanan jalur mudik yang akan Anda lewati.

Apabila jalur mudik tersebut memiliki kontur jalan yang tidak rata, kerap ditemui banyak jalan berlubang, atau bahkan harus menembus daerah pegunungan, maka ada baiknya pilih mobil-mobil berjenis SUV (misalnya: Toyota Fortuner, Nissan XTrail, Honda CRV, Chevrolet Captiva atau Ford Everest).

Pilih yang Memiliki Pengamanan Mobil Canggih

Pastikan mobil yang anda pinjam telah dilengkapi pengamanan mobil. Sehingga anda dapat merasa nyaman dalam perjalanan mudik. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada saat-saat beginilah yang selalu dimanfaatkan oleh komplotan sindikat mobil untuk panen raya.

Salah satu pengamanan mobil yang sudah mulai banyak di pasang di mobil-mobil rental adalah Alarm Mobil Pintar - No Doubt.  Mengapa mobil dicuri dan dirampok orang ?
  • Karena sistem keamanan mobil yang tidak standar, seperti ; kunci, sensor alarm mobilkonvensional. Sistem keamanan ini sudah tidak layak pakai, karena sangat mudah dibobol maling. 
  • Karena si pemilik tidak dapat menjaganya selama 24 jam. 
  • Tidak ada yang memberitahukan si pemilik tentang apa yang terjadi pada mobil sehingga pemilik tidak dapat melakukan tindakan pencegahan pencurian.
  • Adanya kesempatan dan si pengendara mobil adalah pengemudi tunggal yang lemah (wanita / anak remaja)
  • Pada saat mobil dirampok, tidak ada yang memberitahu kejadian kepada orang terdekat korban sekaligus menjelaskan posisi keberadaan mobil. Korban baru melapor setelah kejadian. 
  • dan lain sebagainya.
Seperti yang kita ketahui bersama Alarm konvensional hanya memberikan pengamanan dengan peringatan bunyi sirine. Mudah sekali terabaikan dan dimatikan pencuri. Meski ada juga alarm immobilizer, namun tetap belum memberi perlindungan maksimal. Baca selengkapnya  di sini. 

Pastikan dana Anda sesuai dengan mobil pilihan
Setelah Anda dapat memastikan mobil apa yang cocok untuk Anda sewa mudik Lebaran, tentukan juga berapa besaran dana yang Anda punya untuk menyewa mobil tersebut.

Nah pastinya, jangan paksakan menyewa mobil mewah dengan dana terbatas meskipun Anda tergiur akan kenyamanan dan presitise yang didapat ketika menggunakan mobil tersebut.

Jangan lupa, tentukan pula berapa biaya untuk membeli bahan bakar minyak (BBM), tol, parkir di perjalanan, hingga keperluan mendasar lainnya ketika menggunakan mobil sewaan tersebut.

Beberapa perusahaan penyewaan mobil terkadang menyediakan mobil sewaan namun belum terisi penuh BBM.

Cari tahu secara detail perusahaan sewa mobil

Di Indonesia saat ini perusahaan jasa penyewaan mobil sangat banyak. Baik untuk Lebaran atau keperluan lainnya. Mulai dari perusahaan besar dibawah naungan grup perusahaan otomotif tertentu, hingga perusahaan individu di pinggir-pinggir jalan.

Pastikan jangan terjebak dengan nama besar perusahaan tersebut, tetap bandingkan harga sewa antar perusahaan terhadap sebuah mobil yang akan Anda sewa. Jangan langsung terpikat dengan harga murah dan jangan pula langsung percaya dengan harga tinggi.

Bandingkan empat sampai lima perusahaan penyedia jasa penyewaan mobil, lihat apakah harga yang diberikan sebanding dengan pelayanan yang ditawarkan. Buat rata-ratanya untuk kemudian baru tentukan pilihan.

Pastikan Anda mengecek kondisi mobil
Apabila Anda sudah menentukkan perusahaan penyedia jasa sewa mobil mana yang akan Anda datangi, langkah selanjutnya yakni memeriksa unit mobil yang akan Anda sewa.

Sebisa mungkin pilih mobil dengan tahun produksi dibawah 10 tahun dan catatan kilometer yang masih rendah. Karena itu artinya mobil belum terlalu sering disewakan sehingga kondisi mesinnya masih terbilang prima.

Cek kondisi keseluruhan bodi mobil. Perhatikan dengan seksama apakah mobil terdapat baret atau penyok.

Jika ada pastikan kondisi itu bukan karena kelalaian Anda ketika menyewa, bila perlu foto sebagai alat bukti Anda. Karena beberapa perusahaan penyewaan mobil akan memberikan sanksi jika mobil yang Anda sewa mengalami kerusakan.

Lakukan juga pengecekan bagian mesin, kelistrikan, kondisi ban, dan kelengkapan tool  kit seperti dongkrak, kunci-kunci, dan ban cadangan. Hidupkan mesin, perhatikan apakah ada bunyi-bunyi aneh dari mesin.

Jangan lupa cek panel-panel indikator apakah berfungsi semua. Nyalahkan AC, lampu-lampu, wiper, dan kaca jendela apakah berjalan normal. Jika ada yang tidak beres segera tanyakan ke pihak perusahaan dan pastikan kerusakan itu bukan karena Anda.

Perhatikan perjanjian sewa
Setelah Anda telah melewati beberapa langkah diatas, sebelum Anda menandatangi surat perjanjian sewa menyewa, terlebih dulu perhatikan isi surat perjanjian tersebut.

Pastikan Anda memperhatikan apakah ada perjanjian tentang kondisi bahan bakar ketika di pinjam dan dikembalikan perusahaan, karena biasanya perusahan mensyaratkan kondisi bahan bakar harus sama saat Anda mengambil dan mengembalikannya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pula apakah ada sanksi jika mobil megalami kerusakan, kehilangan, atau kecelakaan dan berapa besar biaya sanksinya.

Anda pun harus memperhatikan apakah ada biaya tambahan jika Anda terlambat mengembalikan mobil sewaan mengingat kondisi jalan saat Lebaran tidak menentu dan bisa menimbulkan kemacetan hingga berjam-jam.

Jangan lupa untuk minta nomor telepon perusahaan tempat Anda menyewa mobil yang bisa dihubungi setiap saat seandainya mobil Anda mengalami masalah diperjalanan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (dikutip dari berbagai sumber) 


Topik Populer : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar